Siput Cone (Cone Snail)

Siput Cone (Cone Snail) Yang Cantik Tapi Mematikan

Siput Cone (Cone Snail) adalah sebenarnya siput yang sepintas bukanlah hewan yang mengancam. Tapi sesungguhnya ada sebagian jenis siput yang ada mengandung bisa yang membahayakan manusia. COntohnya adalah Siput Cone (Cone Snail).

Ukuran Siput Cone (Cone Snail) ini bervariasi dan bisa lebih dari 20cm lo. Siput yang besar biasanya ditemukan di perairan dangkal dan hangat dengan topografi berpasir atau berbatu-batu.

Siput Cone (Cone Snail) yang habitatnya tersebar hampir di garis pantai di seluruh dunia, termasuk indonesia juga lo. Siput Cone (Cone Snail) ini terkenal sabar menunggu mangsa nya lewwat lo.

Lalu Siput Cone (Cone Snail) ini akan menombak mangsanya dengan semacam sengat di ujung mulutnya, lalu menyuntikkan racun. Dalam waktu yang cukup singkat, si mangsa malang akan tidak bisa bergerak sebelum di makan dengan tenang oleh di Siput Cone (Cone Snail).

Ahli binatang bingung apa yang sebenarnya ada di dalam kandungan kimiawi dalam racun yang di suntikkan Siput Cone (Cone Snail) sehingga bisa melumpuhkan mangsa nya langsung.

Penelitian dari University of Utah baru – baru ini punya jawabannya. Dan yang mengejutkan, ternyata senyawa toksin yang ada di dalam racun pelumpuh si siput ternya sama sekali tidak beracun yaitu Insulin.

Ketika racun di suntikkan, Siput Cone (Cone Snail) akan membuat mangsa nya mengalami shock akibat kadar gula darah menurun drastis (hypoglycemic). Ini yang menyebabkan tingkat insulin mangsa juga menurun drastis sehingga mempengaruhi semua funsi kognitif dan kemampuan berpindah tempat mangsanya.

Dua organ penting yang terdapat dalam siput ini dalam berburu adalah kelenjar racun dan kantung penghasil radula (seperti jarum kecil yang dipakai untuk berburu).

Pada mulanya radula dari siput akan di alirkan ke semacam belalai di depan kerongkongannya sambil di lumuri racun dari kelenjarnya. Belalinya selalu dalam keadaan siap menembakkan radulanya, sehingga ketika ada mangsa atau serangan mendadak siput yang dapat mempertahankan diri.

Siput Cone (Cone Snail) ini juga bisa menembus sarung tangan yang di pakai lo. Ketika kita mencoba menyentuhnya Siput Cone (Cone Snail) akan mengeluarkan duri beracunnya, menusuk dan mengirimkan racunnya.

Ketika sudah kena racun Siput Cone (Cone Snail) syaraf manusia akan rusak oleh sedikit racun ini, dalam beberapa detik rasa sakit yang amat sangat di tempat sengatan akan berubah menjadi mati rasa lo.

Lalu racun ini akan menyebar dan sesaat kemudian seluruh tubuh anda akan lumpuh total, lalu napas anda akan berhenti dan tidak akan menunggu lama untuk membuat jantung anda akan berhenti berdetak.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *