Saola

Saola Si Lembu Liar Dari Laos Terancam Punah

Saola atau nama ilmiah nya Pseudoryx nghetinhensis adalah satwa yang masih menyimpan banyak teka-teki itu, kini ada di ambang kepunahan. Sekelompok ilmuwan di laos telah mengadakan pertemuan untuk membahas penyelamatan terhadap satwa tersebut.

Saola yang di temukan pertama kali dan satu-satu nya pada pertama kali pada tahun 1992 yang miripn dengan antelop gurun pasir dari arab. Namun, ia sebetulnya lebih dekat ke lembu liar sie, ia hidup di lembah terpencil di pegunungan annamite, di perbatasan laos dan vietnam.

Ahli konservasi biologi dari empat negara bertemu di vientiane, laos , pada akhir tahun yang lalu. Mereka setuju bahwa jumlah populasi saola telah menurun drastis sejak penemuan tahun 1992. Saat itu pun ia sudah jarang dan terkurung dalam jangkau yang sangat terbatas.

Ancaman kepunahan saola sendiri sudah berada pada tahap kritis dalam daftar merah spesies terancam yang di keluarkan IUCN badan konservasi di dunia. Ini artinya, spesies itu secara ekstrim berada pada resiko punah tertinggi di alam liar.

Sebagai tambahan, kelompok itu berharap pemerintah Laos, Vietnam, dan komunitas konservasi dunia juga ikut memberikan perhatiannya terhadap status spesies itu dan memberikan upaya serta bantuannya untuk menyelamatkan Saola.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *