Pygmy Marmoset (Monyet)

Monyet Terkecil Di Dunia Yang Menggemaskan, Pygmy Marmoset

Pygmy Marmoset (Monyet) merupakan primata kecil yang asli hutan bagian barat amazon basin di Amerika Serikat. Dengan berat yang hanya sekitar kurang lebih 100 gram, Pygmy Marmoset di kenal sebagai spesies monyet yang terkecil di dunia. Rata-rata tinggi Pygmy Marmoset ini sekitar 15 cm dan ekornya yang panjang sekitar 20 cm yang ada di belakangnya.

Pygmy Marmoset ini memiliki cakar yang sangat tajam sehingga bisa membuat monyet kecil ini sangat baik dalam memanjat pohon dan ekornya yang panjang memberikannya keseimbangan yang fantastis ketika melompat antara cabang-cabang pohon.

Beratnya yang kecil memungkinkan Pygmy Marmoset ini bisa mencapai puncak dan kanopi pohon, tempat yang tidak bisa di capai oleh spesies monyet yang lebih besar, Dan ciri khas dari monyet ini adalah mereka mampu memutar kepalanya 180 derajat, sebuah adaptasi yang memungkinkan mereka untuk memindai lingkungan dari predator saat mereka menempel di pohon secara vertikal.

Pygmy Marmoset ini bertahan hidup dengan makanan yang khusus getah pohon. Dan monyet ini menggerogoti lubang di kulit pohon dan tanaman dengan gigi khusus untuk memperoleh getah yang tepat.

Ketika getah menggenangi lubang, monyet ini pun menjilati dengan lidahnya. Monyet ini juga berbaring menunggu serangga, terutama kupu-kupu, yang tertarik dengan lubang getah. Suplemen diet untuk monyet ini adalah nektar dan buah.

Pygmy Marmoset ini juga sudah semakin populer sebagai hewan peliharaan yang eksotis, tetapi mereka sangat sulit untuk dipelihara. Ketika bayi Pygmy Marmoset ni di ambil dari keluarganya, maka bayi ini biasanya akan cepat mati di karenakan depresi.

Bayi Pygmy Marmoset juga perlu makan setiap 2 jam sekali untuk dua minggu pertama mereka lahir di dunia. Pygmy Marmoset ini tidak cocok di jadikan peliharaan di karenakan suka menggigit pemiliknya dan melemper kotoran sebagai bentuk serangan.

Meskipun begitu, hal itu tidak membuat niat beberapa orang untuk mau memelihara monyet kecil yang satu ini. Di china walaupun ilegal, Pygmy Marmoset ini sudah banyak di jual dengan harga mulai 30.000 yuan atau setara dengan 61,5 jutaan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *