Poison Dart Frog

Poison Dart Frog, Katak Cantik Yang Mematikan

Poison Dart Frog atau nama ilmiah nya Dendrobatidae ini memiliki warna kulit yang sangat mencolok antara lain merah, ungu, biru, hijau, kuning dan masih banyak warna lainnya.

Katak yang berasal dari Amerika tengah dan selatan ini kebanyakan memiliki warna kulit merah yang cukup mencolok, dengan tujuan memperingatkan predator potensial agar tidak mendekat.

Memang kalau kami melihat warnanya yang cantik membuat orang yang melihatnya ingin memeliharanya sebagai binatang hias, selain itu ukuran katak jenis ini sangat kecil kadang ukurannya kurang lebih 1,5cm dan namun pula yang hidup sampai ukuran 6cm saja.

Katak ini bukan tanpa alasan memiliki warna kulit yang terang dan mencolok, katak-katak lainnya biasanya memiliki warna kulit yang di sesuaikan alam tempat mereka hidup agar mereka bisa bersembuyi atau menyamar baik sehingga predator pemangsa mereka akan kesulitan dalam berburunya.

Warna mencolok pada katak ini bertujuan memberikan peringatan pada predator nya agar tidak mendekat, karena di sekitar kulit mereka yang indah terdapat lendir yang cukup beracun.

Racun yang ada pada katak ini akan langsung bekerja ketika katak ini di sentuk lo, cukup berbahaya racun yang di miliki katak satu ini. Racunnya dapat menyebabkan berhentinya detak jantung pada hewan-hewan besar yang menyentuhnya.

Oleh karena itu lah suku asli Amerika suka menggunakan racun dari katak jenis ini untuk berburu, racun yang ada pada lendir katak ini di oleskan pada ujung panah yang akan mereka pakai untuk berburu.

Biasanya racun katak ini cukup untuk melumpuhkan monyet dan beberapa hewan buruan mereka. Dan untuk mengambil racun katak ini tentunya tidak sembarangan pegang katak ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *