Pesut Mahakam

Pesut Mahakam Yang Hampir Punah

Pesut Mahakam atau nama ilmiahnya Orcaella brevirostris adalah sejenis hewan mamalia yang sering di sebut sebagai lumba-lumba air tawar yang hampir punah di karenakan berdasarkan data tahun 2007, populasi hewan yang tinggal 50 ekor saja dan menempati urutan tertinggi satwa indonesia yang akan terancam punah.

Pesut mahakam ini lebih menyukai perairan di dekat pesisir dan muara, termasuk perairan yang sangat berlumpur dan perairan keruh yang terdapat agak ke pendalaman di sungai-sungai besar, yang tenang dan tidak mencolok.

Pesut mahakam yang kadang juga di sebut lumba-lumba air tawar, hanya bisa di temukan di sungai mahakam, kaltim dan inilah sebabnya Pesut mahakam di tetapkan sebagai fauna identitas provinsi kaltim.

Berbeda dengan lumba-lumba dan paus, pesut ini hidup di air tawar yang terdapat di sungai-sungai dan danau yang terdapat di daerah tropis dan subtropis.

Ukuran tubuh Pesut mahakam dewasa ini bisa mencapai kurang lebih 2,3 meter dengan berat mencapai kurang lebih 130kg. Tubuh Pesut mahakam abu-abu atau kelabu sampai biru tua dengan bagian bawah berwarna lebih pucat.

Cara Bernapas Pesut mahakam dengan mengambil udara di permukaan air. Mamalia ini dapat juga menyemburkan air dari mulutnya. Pesut bergerak dalam kawanan kecil.

Walaupun Pesut mahakam pandangannya tidak begitu tajam dan hidup dalam air yang mengandung lumpur,namun mempunyai kemampuan mendeteksi dan menghindari rintangan-rintangan dengan menggunakan gelombang ultrasonik.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *