Penyu Belimbing

Satwa Penyu Belimbing Yang Terancam Punah

Penyu Belimbing atau nama ilmiahnya Dermochelys coriacea merupakan sejenis penyu raksasa dan satu-satunya jenis dari suku Dermochelyidae yang masih hidup. Daftar tabg terkini penyu belimbing kini masuk dalam ketegori rentan.

Dan Penyu Belimbing ini spesiennya masih belum sepenuhnya aman dan jumlahnya masih terus berkurang. Dalam penelitian terbaru yang di temukan bahwa populasi penyu belimbing ini di barat laut samudera atlantik kini mulai bertambah jumlah nya terkait upaya-upaya konservasi yang di lakukan.

Populasi Penyu Belimbing hanya tersisa sedikit saja dari sebelumnya yang 2.983 sarang pada 1999 dari 13.000 sarang pada tahun 1984. Untuk mengatasi hal tersebut, tiga negara yaitu indonesia, PNG dan kepulauan solomon telah sepakat untuk melindungi habitat Penyu Belimbing melalui mou tri national partnership agreement.

Penyu Belimbing ini adalah salah satu dari tujuh jenis penyu yang ada di dunia ini, enam di antaranya bisa di jumpai di indonesia. Penyu Belimbing ini umumnya mempunyai panjang karapas 1-1,75 meter.

Selain ukuran Penyu Belimbing yang ukurannya yang besar, Penyu Belimbing ini sebagaimana jenis penyu lainnya pu sebagai penjelajah lautan yang handal lo.

Pada mei 2005,berdasarkan pengamatan satelit, penyu tersebut di ketahui berada di monteray bay, sekitar 25 km dari golden bridge, san fransisco, amerika serikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *