Paus Biru

Hewan Paling Besar Yang Masih Hidup, Paus Biru

Paus Biru atau nama ilmiahnya Balaenoptera musculus adalah mamalia yang berdarah panas, bernafas dengan paru-paru,melahirkan dan menyusui anaknya. Mamalia laut ini mempunyai ukuran berat dan velume yang luar biasa lo.

Paus Biru terbesar yang pernah tercatat mencapai berat 181 ton dan panjang 33 meter. Jika di letakkan di atas tanah, Paus Biru ini sama dengan panjang 9 mobil keluarga.

Ukuran jantung Paus Biru ini adalah seukuran mobil dan saluran pembuluh darahnya begitu besar hingga kita bisa berenang di dalamnya lo, unik bukan Paus Biru ini.

Paus Biru ini tidak berbahaya sama sekali bagi manusia lo, dan kenyataannya mereka punya persamaan dengan kita manusia, yaitu mereka adalah mamalia berdarah hangat yang harus menghidup udara.

Mereka juga makhluk sosial dengan bahasa dan kecerdasan yang kompleks dan yang terpenting, Paus Biru sama bukan monster yang harus kita takuti, mereka adalah raksasa yang lembut yang harus kita hormati , kagumi dan lindungi.

Paus Biru ini mempunyai indera peraba dan pendengaran yang tajam. Paus Biru akan mengetahui arah di dalam air dengan mengikuti gema suara yang di buatnya. Selain sebagai alat navigasi, suara yang di hasilkan di percaya juga sebagai bentuk komunikasi antara sesama dan untuk mendeteksi mangsanya.

Paus-paus tersebut selalu makan di daerah yang memiliki banyak krill, yang rata-rata makan antara 2000-4100 kg krill dalam satu hari, spesies zoonplankton ini di makakn oleh berbagai paus biru dari satu samudra ke samudra lainnya.

Paus Biru ini juga mengkomsumsi ikan kecil, crustacea dan cumi-cumi yang secara kebetulan tertangkap dengan krill.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *