Paedocypris Progenetica

Ikan Paedocypris Progenetica, Ikan Terkecil Di Dunia

Paedocypris Progenetica adalah ikan yang paling kecil di dunia, dengan ukuran yang hanya sepanjang 7,9 milimeter. Bahkan ikan Paedocypris Progenetica pun pernah di nobatkan sebagai vertebrata (hewan bertulang belakang) terkecil sebelum pada januari 2012 di salip oleh katak Paedophryne amauensis asal papua nugini yang lebih pendek.

Ikan Paedophryne amauensis merupakan hewan asli dan endemik sumatera. Ikan dengan tubuh yang sangat kecil dan paling pendek ini mendiami daerah rawa gambut. Ikan Paedophryne amauensis ini pertama kali di temukan oleh maurice kottelatdan Tan Heok Hui dari Raffles Museum of Biodiversity Research, Singapura pada tahun 2005.

Paedophryne amauensis masih satu keluarga dengan ikan gurame. Para penemu ikan ini mempublikasikan temuan itu dalam jurnal ilmiah proceedings terbitan inggris.

Ikan dewasa terkecil yang berhasil di tangkap adalah Paedocypris progenetica betina, panjang dari ujung mulut hingga ujung ekor hanya 7,9mm. Jadi selain sebagai ikan terkecil, spesies ini layak mendapatkan predikat sebagai vertebrata terkecil di dunia.

Keberadaan ikan Paedocypris progenetica yang menyandang gelar sebagai ikan yang paling kecil di dunia membuktikan bahwa kekayaan indonesia yang sangat besar.

ikan Paedocypris progenetica ini menjadi sebuah kebanggan tersendiri bagi segenap bangsa. Sayangnya, ikan terkecil ini belum banyak kita kenal, bahkan tidak sedikit yang belum mengetahui kalau indonesia juga memiliki salah satu rekor dunia.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *