Okapi

Legenda Okapi

Okapi atau nama ilmiahnya Okapia johnstoni adalah mamalia dari hutan hujan ituri yang ada di afrika tengah. Walaupun Okapi ini memiliki kulit belang yang sama persis dengan zebra, Okapi lebih berkerabat dengan jerapah lo.

Okapi dan jerapah adalah salah satunya anggota keluarga giraffidae yang masih hidup sampai saat ini. Tinggi Okapi ini berkisaran kurang lebih antara 1,5 sampai 1,7 meter dengan panjang rata-rata tubuhnya sekitar 2,5 meter dan berat tubuhnya antara 200 hingga 300 kg.

Okapia ini memiliki leher besar yang panjang, telinga fleksibel, dan kulit berwarna coklat hingga coklat kemerahan, kontras dengan garis belang melingkar pada kaki dan warna putih pada pergelangan kakinya.

Okapia jantan ini memiliki tanduk berukuran kurang lebih 15cm yang di tutupi kulir dan sedikit rambut, sedang kan untuk betina nya tidak memiliki tanduk, jadi untuk membedakan Okapia jantan atau betina sangat gampang dengan melihat tanduk saja.

Okapia ini memiliki lidah berukuran 14 sampai 18 inc yang mereka gunakan untuk mengambil daun pada pohon yang cukup tinggi. Lidah tersebut cukup panjang bagi Okapia untuk membersihkan kelopaka mata mereka, bahkan dapat menjilat telinga mereka sendiri lo.

Okapia pada dasarnya memang hewan tunggal dan akan terlihat berkumpul ketika berkembang biak. Mereka juga termasuk herbivora yang memakan daun pohoh, tunas, rumput, tanaman pakis, buah-buahan dan jamur.

Okapia dapat dengan mudah di bedakan dengan kerabatnya yaitu jerapah. Mereka berukuran jauh lebih kecil dan memiliki penampilan luar yang hampir serupa dengan rusa di bandingkan dengan jerapah.

Hewan yang baru di ketahui oleh penduduk setempat pada tahun 1901 ini, dulunya sempat di kategorikan sebagai makhluk mitos atau makhluk cryptid.

Selama berabad-abad suku afrika tengah dan orang mesir kuno telah menggambarkan makhluk aneh, yang kemudian di sebut sebagai unicorn afrika oleh orang eropa.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *