Koala

Mengenal Koala Dan Fakta Unik Tentangnya

Koala atau nama ilmiahnya phascolarctus cinereus adalah hewan yang berasal dari Australia, koala ini memiliki ciri khas yaitu memiliki kantung pada perutnya.

Koala ini merupakan binatang endemik yang berasal dari australia dan binatang ini termasuk binatang yang di lindungi. Binatang yang lucu dan menggemaskan ini sering di sebut koala yang menyerupai beruang, meskipun begitu sama sekali hewan ini bukanlah beruang.

Hewan Koala ini termasuk hewan yang marsupial karena kelompok mamalia Koala betinanya memiliki kantong perut atau marsupium sehingga binatang ini dikenal sebagai hewan yang berkantung.

Untuk ukuran Koala yang sudah dewasa bisa mencapai kurang lebih 6 sampai 14 kilogram. Dan untuk membedakan Koala betina dan Koala jantan sangat gampang kok,kalau Koala jantan terlihat lebih besar dari Koala betina.

Selain itu, Koala betina dapat di bedakan dengan adanya kantung di perut. Jadi hanya Koala betina saja yang memiliki kantung di perutnya, jadi sangat gampang membedakan mana Koala jantan dan Koala betina.

Koala memiliki ciri-ciri sebagai berikut, Koala biasanya memiliki warna abu-abu dan warna putih pada bagian perut bawah leher, selain itu pada ujung telinga terlihat rambut putih yang panjang. Koala memiliki ekor, telinga yang berbulu dan hidung yang berwarna hitam besar.

Dan Koala ini juga memiliki lengan bagian depan yang panjang lalu kaki Koala, mereka yang memiliki ukuran kaki belakang yang lebih pendek daripada kaki depannya.

Dan untuk ukuran bayi koala yang baru lahir biasanya berukuran sangat kecil atau biasanya sebesar bentuk jelly bean, sekitar 2cm. Bayi Koala yang baru lahir tidak memiliki rambut,matanya buta dan belum memiliki telinga.

Setelah itu, bayi Koala ini akan tinggal selama 6 bulan di kantung yang berada di dalam perut Koala betina. Bayi Koala akan menghabiskan waktu 6 bulan sehingga masa itu organ tubuh bayi Koala akan berkembang sehingga akhirnya bayi Koala ini memiliki telinga, mata dan kaki dengan sempurna.

Lalu setelah 6 bulan lebih, pertama kalinya ia akan keluar dari kantong perut Koala betina, untuk memahami jenis daun untuk dia makan, tapi setelah itu dia akan kembali tidur di kantong juga dia akan menyembunyikan daunnya.

Beberapa bulan kemudian bayi Koala ini akan tumbuh menjadi besar dan dia akan naik di panggung Koala betina atau diam saja di dalam perut ibunya. Setelah menginjak usia 1 tahun Koala ini akan hidup mandiri sendirian.

Cara tidur Koala kebanyakan tidurnya di pohon eukaliptus dengan cara menempelkan ekornya pada sudut-sudut pohon tersebut, karena ekor tersebut berfungsi untuk tempat duduk Koala hingga terlelap tidur sampai lama sekali, tidak peduli akan suasana yang berisik atau bising, koala akan tetap tertidur nyenyak.

Koala ini memiliki gigi depan dan gigi belakang seperti gunting yang khusus untuk memotong, mengunyah daun-daun eukaliptus ini. Daun ini memiliki banyak kandungan air dan tinggi serat sehingga Koala-koala tersebut jarang untuk turun ke bawah untuk mengambil air minum dengan memakan daun eukaliptus saja kebutuhan air untuk tubuhnya sudah terpenuhi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *