Kancil

Kancil Yang Hampir Punah

Kancil atau Pelanduk nama ilmiahnya Tragulus javanicus sangat populer di telinga bangsa indonesia. Berbagai kasih fabel tentang kecerdikan kancil begitu populer dan tertanam sejak kita kecil. Pun berbagai pepatah dan peribahasa tidak sedikit yang mempergunakan kata “Pelanduk” dan “Kancil”.

Kancil atau Pelanduk merupakan spesies sebangsa rusa dari genus tragulus yang memiliki tubuh yang kecil. Sedikitnya terdapat 6 spesies kancil atau pelanduk yang terdapat di asia tenggara. Yang sering di jumpai indonesia adalah tragulus javanicus, tragulus napu dan tragulus kanchil.

Ciri-ciri Dan Habitat Pelanduk

Kancil atau pelanduk mempunyai ukuran tubuh yang kecil seukuran dengan kelinci. Panjang tubuhnya sekitar 20-25cm. Tubuh bagian atas kancil atau pelanduk berwarna coklat kemerahan, sedangkan tengkuk bagian tengah biasanya lebih gelap daripada bagian tubuh lainnya.

Bagian bawah berwarna putih dengan batas sedikit kecoklatan di tengah, tanda khusus di kerongkongan dan dada bagian atas berwarna coklat tua.

Raut muka kancil berwarna putih,terlihat seperti sebuah garis dari dagu sampai dada. Kancil jantan tidak mempunyai tanduk tetapi mempunyai gigi taring yang memanjang keluar dari mulutnya.

Kancil atau pelanduk merupakan binatang herbivora yang menyukai rumput, daun-daunan yang berair, kecambah dan buah-buahan yang jatuh di tanah, kulit pisang , papaya, ubi dan ketela.

Binatang ini mempunyai masa mengandung selama 137 – 155 hari dan akan menyesui bayinya hingga berusia antara 60 – 70 hari.

Populasi dan Konservasi

Populasi kancil atau pelanduk hingga kini tidak diketahui dengan pasti. Baik oleh pemerintah indonesia maupun oleh organisasi konservasi lingkungan hidup lainnya.

Spesies lainnya

Sedikitnya terdapat 6 spesies kancil atau penaduk yang tergabung dalam genus tragulus. Keenam spesies tersebut yakni :

-Tragulus javanicus (Java Mouse-deer)

-Tragulus kanchil (Lesser Mouse-deer)

-Tragulus napu (Greater Mouse-deer)

-Tragulus nigricans (Philippine Mouse-deer)

-Tragulus versicolor (Vietnam Mouse-deer)

-Tragulus williamsoni (Williamson’s Mouse-deer)

Sebuah ironi memang mengingat begitu populernya kisah fabel kancil yang cerdik bahkan licik dan banyaknya peribahasa dan pepatah dalam budaya kita yang menggunakan kata kancil dan pelanduk tetapi ternyata kita kekurangan data mengenai bintang spesies tragulus javanicus ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *