Ikan Landak ( Ikan Buntal)

Mengenal Lebih Dalam Ikan Landak ( Ikan Buntal)

Ikan Landak ( Ikan Buntal) atau nama ilmiahnya Tetraodontidae adalah ikan yang bertubuh bulat dan dapat mengembang jika di sentuh, dan ikan buntal ini memiliki tulang belakang yang luas, besar dan tipis.

Ikan ini termasuk dalam hewan yang bertulang belakang yang sangat teracun kedua di dunia setelah katak emas beracun. Racun yang di miliki ikan buntal di sebut tetradotoksin.

Bagian tubuh ikan buntal ini mengandung racun ini adalah hati, ovarium kulit dan usus halus. Racun ini tahan terhadap panas dan juga racun non-protein yang larut dalam air.

Meskipun ikan buntal ini mengandung racun yang berbahaya, ikan buntal menjadi salah satu makanan spesial di negara jepang. Bagian tubuh ikan buntal yang di makan adalah daging. Tidak hanya itu, telur ikan buntal juga dikenal sebagai makanan yang bernilai sangat tinggi.

Secara umunya ciri-ciri ikan buntal ini adalah memiliki gigi yang tajam dan memiliki racun yang terkandung dalam tubuhnya. Jika di sentuh. ikan buntal akan mengembang dan mengeluarkan duri tajam.

Warna tubuh ini akan beragam, ada yang merah, biru, kuning, dan perpaduan beberapa warna. Pada siang hari ikan buntal akan bersembunyi di balik karang lalu pada malam harinya mencari makanan.

Ikan buntal yang memiliki gigi yang kuat ini dapat menghaluskan makanan utamanya seperti kerang, siput, landak laut dan kepiting.

Di jepang ikan buntal ini di sebut dengan nama fugu, ikan buntal ini juga di kenal di negara lain lo dengan sebutan nama yang berbeda-beda. Seperti korea nama nya bok, di cina di sebut he2 tun2, dan di indonesia nama nya ikan buntal.

Ikan buntal ini hidup di perairan yang tropis dan tidak dapat di temukan di perairan zona sedang dan dingin. Ikan yang terdiri dari 121 spesies ini rata-rata berukuran kecil, tetapi beberapa spesies memiliki panjang lebih dari 100cm.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *