Ikan Buntal

Fakta Ikan Buntal Yang Unik Dan Beracun

Ikan Buntal atau nama ilmiahnya Tetraodontidae ini di kenal karena bentuknya yang lucu ketika menggembung. Namun tidak banyak yang mengetahui jika ternyata ikan dengan nama blowfish ini termasuk dalam berbahaya lo.

Salah satu ciri khusus ikan buntal yang unik dan lucu adalah ikan buntal yang mampu menggelumbungkan tubuhnya menjadi bulat seperti bola atau balon yang di tiup.

Dengan ccara itu lah Ikan Buntal ini mengelabui atau menakuti-nakuti musuhnya saat mereka merasa terancam. Atau dengan kata lain sebagai pelindungan diri.

Soalnya Ikan Buntal juga mempunyai racun yang mematikan pada duri-duri kulitnya untuk melindungi diri dari musuh yang akan menyerang.

Ciri khusus ikan buntal lainnya adalah Ikan Buntal secara umum di percayai sebagai vertebrata paling beracun kedua di dunia setelah katak beracun emas. Organ-organ dalamnya seperti hati dan kdang kulit mereka sangat beracun bagi sejumlah hewan jika di makan.

Namun daging beberapa spesies jenis ikan ini di jadikan sebagai makanan di jepang lo. Makanan dari Ikan Buntal biasanya di siapkan oleh juru masak yang tahu bagian tubuh mana dari Ikan Buntal yang aman di makan dan seberapa banyak kadarnya.

Ikan Buntal ini juga di kenal dengan nama blowfish. Ikan ini mempunyai warna bintik-bintik pada tubuhnya. Banyak yang tertarik dan suka melihat iakn ini karena kemampuannya untuk menggembungkan tubuhnya sehingga terlihat lucu.

Beberapa ciri khusus ikan buntal antara lain :

1. Memiliki kemampuan untuk menggembungkan badannya yang berfungsi untuk mengelabui atau menakut-nakuti musuh sebagai bentuk pertahanan diri ketika di serang oleh musuh.
2. Terdapat duri-duri yang beracun pada tubuhnya yang berfungsi untuk melindungi diri dari musuh.
3. Ikan Buntal merupakan karnivora (pemakan daging)

Ikan Buntal hidup dan berkembang biak di perairan dalam samudera hindia, atlantik dan pasific. Ikan ini memiliki racun pada bagian tubuhnya sehingga tidak baik untuk di komsumsi oleh orang yang paham bagian mana tubuh ikan tersebut yang harus di buang untuk menghilangkan racunnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *