Hiu Goblin

Pengertian Hiu Goblin

Hiu Goblin atau nama ilmiahnya Mitsukurina owstoni ini adalah spesies hiu laut dalam langka yang kurang di pahami. Kadang-kadang Hiu Goblin di sebut “fosil hidup”, itu adalah satu-satunya wakil yang masih ada keluarga mitsukurinidar, garis keturunan tua sekitar 125 juta tahun.

Hewan yang berkulit merah mudah ini memiliki profil ciri yang khas dengan moncong pipih memanjang, dan rahang yang sangat protrusible yang mengandung gigi seperti kuku yang dapat menonjol keluar.

Hiu Goblin ini panjangnya biasanya antara 3 dan 4 m (10 dan 13 kaki) ketika dewasa, meskipun Hiu Goblin ini dapat tumbuh jauh lebih besar.

Hiu Goblin mendiami lereng atas benua, lembah bawah laut, dan gunung laut di seluruh dunia pada kedalaman lebih dari 100 m (330 ft), dengan spesimen dewasa yang ditemukan lebih dalam dari pada spesimen remaja.

Berbagai fitur anatomi hiu goblin, seperti tubuh nya yang lembek dan sirip kecil nya, menunjukkan bahwa hiu goblin adalah bergerah lambat di alamnya.

hiu1

Deskripsi Hiu Goblin

Hiu Goblin memiliki moncong khas yang panjang dan datar, menyerupai pisau pedang. Rahang hiu goblin memperpanjang secara dramatis ketika makan.

Hiu Goblin memiliki 35-53 baris gigi di rahang atas dan 31-62 baris gigi yang ada di rahang bawah. Dalam kehidupan Hiu Goblin spesies ini berwarna merah muda atau cokelat karena pembuluh darah yang terlihat daru bawah kulitnya.

Warna Hiu goblin tergantung dengan usia, dan hiu muda mungkin warnanya hampir putih.Margin sirip yang tembus berwarna abu-abu atau biru, dan mata berwarna hitam dengan garis-garis kebiruan di iris.

Setelah kematian, warna cepat memudar menjadi abu-abu kusam atau coklat.Hiu dewasa biasanya berukuran panjng antara 3 dan 4 m (10 dan 13 kaki).

Namun, penangkapan oleh seorang perempuan yang berukuran sangat besar diperkirakan mencapai panjang 5,4-6,2 m (18-20 kaki) pada tahun 2000, menunjukkan spesies ini dapat tumbuh jauh lebih besar dari yang diduga sebelumnya. Berat maksimum pada catatan adalah 210 kg (460 lb) untuk hiu yang panjangnya 3.8 m.

Distribusi dan habitat

Hiu goblin telah tertangkap diketiga samudera utama, menunjukkan distribusi global yang luas. Di Samudra Atlantik, telah direkam dari Teluk Meksiko utara, Suriname, Guyana Prancis, dan Brasil selatan dibagian barat, dan Perancis, Portugal, Madeira, dan Senegal dibagian timur.

Ini juga telah berkumpul dari gunung laut di sepanjang Mid-Atlantic Ridge. Di Indo-Pasifik dan Oceania, telah ditemukan di lepas pantai Afrika Selatan, Mozambik, Jepang, Taiwan, Australia, dan Selandia Baru.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *