Gajah Laut

Mengenal Lebih Dekat Dengan Gajah Laut

Gajah Laut – Raksasa dari Kutub Selatan satu ini, walaupun berbadan besar mereka adalah hewan yang ramah. Hewan ini beratnya kurang lebih dapat sampai dengan 2 ton dan panjangnya sampai dengan 5,5m. Gajah Laut ini selalu berjemur di sepanjang hari dan masuk ke air hanya untuk berburu ikan saja.

Gajah Laut ini menghabiskan sebagian besar waktunya hanya dengan hayati di laut saja, walau sesekali di naik ke daratan. Hewan mamalia satu ini bisa menahan napasnya sekitar kurang lebih 120 menit, lebih lama dari hewan mamalia lainnya.

Gajah Laut ini memiliki tubuh yang sangat besar. Ukuran tubuh Gajah Laut jantan mencapai kurang lebih 5 meter dengan berat sekitar 2.700kg. Sementara ukutan tubuh Gajah Laut betina lebih kecil, yaitu panjang nya sekitar kurang lebih 3m dan berat 900kg.

Biasanya, ukuran Gajah Laut selatan lebih besar di bandingkan dengan Gajah Laut utara. Tercatat, Gajah Laut selatan jantannya dapat mencapai panjang kurang lebih 6m dan berat sekitar 4.000kg (4 ton).

Hewan ini di sebut dengan nama Gajah Laut di karena kan bentuk hidungnya yang besar dan menonjol, mirip sekali dengan belalai gajah. Namun, badannya menyerupai anjing laut.
Di habitat aslinya Gajah Laut ini memakan ikan laut, sotong, cumi-cumi, udang dan remis.

Ternyata lamanya masa hayati Gajah Laut jantan dan betina ternyata beda lo. Gajah Laut betina umumnya bisa bertahan hayati selama 23 tahun. Mereka mulai melahirkan anak ketika menginjak usia kurang lebih 4 sampai 5 tahun.

Dan sementara untuk Gajah Laut jantan memiliki kematangan di usia kurang lebih di 5 tahun. Gajah Laut jantan memiliki masa hayati sekitar 20 tahun. Tapi masa hayati mereka tergantung pada ulah manusia. Soalnya manusia memburu binatang-binatang secara berlebihan, sehingga atas ulah manusia ini, keberadaan Gajah Laut ini mulai langka.

Gajah laut ini termasuk dalam hewan karnivora. Dan Gajah laut ini bisa hidup di laut namun bisa juga hidup di daratan. Gajah laut ini berkembang biak dengan cara melahirkan.

BENTUK FISIK

– Tidak memiliki daun telinga
– Tidak memiliki taring panjang
– Gajah laut betina moncong meruncing, pejantan moncongnya lebih besar dan mirip dengan belalai gajah.
– Sirip depannya pendek, berbulu tipis dan bercakar.
– Tubuhnya di selimuti rambut tipis dan pendek
– Berkulit tebal
– Ukuran tubuhnya sekitar 3-6 meter, dengan berat antara 900-4000kg
– Sebagian ada yang memiliki gading dan sebagian sudah kehilangan gadingnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *