Cicada

Cicada, Serangga Berukuran Kecil Yang Bersuara Besar

Cicada atau nama ilmiahnya Cicadoidea adalah serangga yang berukuran kecil tapi mempunyai suara yang besar. Cicada berasal dari Inggris.

Kamu bisa menemukan Cicada pada daerah yang beriklim tropis dan mereka suka bernyanyi di hari yang panas. Cicada jantan memiliki pengeras saura yang di sebut tymbals di sisi perut mereka, semacam membran bergelombang.

Tidak seperti jangkrik, yang menggosok kaki mereka bersama-sama untuk menciptakan suara, Cicada megkontraksikan dan melepaskan otot-otot tymbal bagian dalam untuk menghasilkan suara klik yang memekakkan telinga akibat gerakan membran tipis yang masuk dan keluar.

Sebagian besar bagian dalam perut Cicada jantan berongga, sehingga Cicada jantan lebih bisa memperkuat suaranya.

Kelangsungan hidup mereka sekarang terancam punah bahkan di seluruh bagian eropa lo. Dan kini hanya tinggal sedikit yang terdapat di wilayah new forest, Hampshire.

Para peneliti dalam mencari tahu tentang hewan ini tidaklah mudah karena sulitnya hewan ini untuk di temukan. Sehingga hanya sedikit data saja yang bisa di peroleh peneliti tentang kondisi serangga yang akan terancam punah ini.

Cicada yang mengeluarkan bunyi yang sangat keras ini seharusnya mudah di temukan dengan mencari tahu sumber suara yang di hasilkannya.

Kalau kebisingan pesawat jet atau mesin palu sebesar 110 desibel, beberapa suara jangkrik bisa mencapai kekerasan 120 desibel, sehingga membuat serangga ini mengasilkan suara yang paling keras dari semua jenis serangga yang ada.

Namun ternyata suara yang di hasilkan dari serangga ini hanya bisa di temukan pada bulan mei dan juli saja. Sehingga para peneliti harus membutuhkan waktu yang lama untuk menyelidikinya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *