Burung Merak

Habitat Dan Ciri-Ciri Burung Merak

Burung Merak atau nama ilmiahnya Pavo muticus ini merupakan burung dengan bulu yang sangat indah sekali dan selain itu dari burung cenderawasih dari tanah papua ini.

Merak jantan memiliki ekor menjuntai yang akan melebar atau mengembang saat akan mencoba mendekati incaran merak betina nya. Burung merak hijau merupakan salah dari spesies merak yang berasal dari pulau jawa, asli dari indonesia ini. Keberadaan burung ini menjadi primadona di jawa timur dan bulunya dijadikan bagian dari pernik reog ponorogo sehingga reog akan terlihat lebih menawan.

Merak hijau atau kerap disebut merak jawa adalah salah satu burung dari tiga spesies merak. Seperti burung-burung lainnya yang di temukan di suku phasianidae, merak hijau mempunyai bulu yang sangat indah.

Bulu-bulunya yang berwarna hijau keemasan. Burung jantan dewasa yang berukuran sangat besar ini, panjang nya dapat mencapai 300cm, dengan penutup ekor yang sangat panjang ini.

Di atas kepala burung merak ini terdapat jambul tegak. Burung merak betina berukuran lebih kecil dari burung merek jantan.

Bulu-bulunya yang kurang mengilap, berwarna hijau keabu-abuan dan tanpa di hiasi bulu penutup ekor. Populasi merak hijau yang tersebar di hutan terbuka dengan padang rumput di republik rakyat cina, indocina dan jawa,indonesia.

Untuk burung merak hijau ini juga sebelumnya ada di temukan di India, Bangladesh dan Malaysia, namun sekarang telah punah di sana. Walaupun ukuran burung merak jingga yang sangat besar, Merak hijau adalah burung yang pandai terbang lo.

Karena banyaknya habitat hutan yang hilang dan penangkapan liar yang terus berlanjut, serta daerah dimana burung ini ditemukan sangat terpencar, Merak Hijau di evaluasikan sebagai rentan di dalam IUCN red list.

Pakan burung Merak biru seperti gambar di atas merupakan burung merak india yang makanannya terdiri dari aneka biji-bijian,pucuk rumput dan dedaunan, aneka serangga, serta berbagai jenis hewan kecil seperti cacing, laba-laba dan kadal kecil.

Burung Merak biru ini adalah burung nasional negara india. Spesies ini juga memegang peranan penting dalam mitologi buddha, hindu dan kebudayaan-keduyaan lainnya.

Populasi Burung Merak biru tersebar di hutan yang terbuka dengan padang rumput di india, pakistan, sri lanka, nepal dan Bhutan. Sebelumnya speseis ini ditemukan juga di bangladesh, tapi mungkin saat ini sudah punah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *