Badak Sumatera

Badak Sumatera Yang Kian Langka

Badak Sumatera atau nama ilmiahnya Dicerorhinos sumatrensis ini merupakan salah satu spesies badak asia ini di klaim sebagai badak terkecil di dunia serta paling dekat dengan kekerabatannya dengan badak purba.

Meskipun badak sumatera keberadaannya tersebar cukup luas di bandingkan saudaranya badak jawa ini, namun jumlah populasinya lebih terancam punah lo.

IUCN mencatat ada dua hal yang menjadi ancaman utama kelestarian badak sumatera ini, yaitu perburuan liar serta berkurangnya kemampuan bereproduksi.

Perburuan ini terjadi di sebabkan oleh masih banyaknya permintaan terhadap cula dan bagian tubuh badak yang di anggap memiliki khasiat dalam pengbatan.

Dalam memburu seekor badak sumatera di butuhkan waktu yang cukup lama bagi pemburu di karenakan sifat badak yang soliter dan sangat pemalu.

Dan untuk harga cula badak ini busa mencapai 50.000 euro di pasar gelap membuat hal tersebut dinilai sepadan bagi para pemburu. Selain itu juga, adanya ancaman pembukaan lahan hutan menjadi perkebunan, pertambangan ataupun pemukiman juga turut berdampak pada kelestarian badak sumatera ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *