Babi Laut

Mengenal Babi Laut

Babi Laut atau nama ilmiah nya Scotoplanes globosa ini tidak ada kaitannya dengan binatang babi ya. Binatang ini termasuk keluarga Echinodermata. Ia masih bersaudara dengan timun laut atau teripang dan bulu babi.

Lautan Tempat Tinggal

Babi laut dapat di temukan di semua lautan yang ada di dunia. Meskipu begitu, kebanyakan orang tidak akan pernah melihat babi laut secara langsung, di karenakan binatang ini tinggal di bagian laut paling dalam. Minimal kedalamannya 1000 meter.

Binatang ini baru di temukan pada tahun 1882 oleh hjalmar theel, seseorang ahli zoologi dari swedia. Pada tahun 1872-1876 thell melakukan ekspedisi keliling dunia dengan kapal penelitian inggis, HMS challenger.

Mirip Babi

Di sebut babi laut karena badannya bulat lonjong, berlemak dan berwarna merah muda dan berkaki besar seperti tabung. Panjang tubuhnya antara 5-10cm. Kakinya bejumlah 5-7 pasang. DI bagian atas tubuhnya ada 2 buah anggota tubuh yang mirip dengan antena. itu sebenarnya kaki juga lo.

Makanan Babi Laut

Makanan babi laut adalah remah-remah hasil pembusukan binatang atau tanaman yang terkubur di dalam lumpur. Untuk makan, babi laut menggunakan mulut yang di kelilingi oleh cincin tentakel. selain itu untuk meraih makanan, mulut itu berfungsi untuk menyaring lumpur dan menyerap nutrisi makanan.

Seperti Sapi Laut

Terkadang babi laut di temukan dalam kelompok yang cukup besar. Bukan karean mereka hidup berkelompokan ya, tapi mereka berkumpul bila ada makanan lezat dan berlimpah ruah.

Dan mereka juga di kenal sebagai sapi laut karena kaki tabung di sisi tubuh bagian atas mereka yang mengingatkan tanduk sapi.

Musuh babi laut adalah siput laut. Siput ini suka menyerang babi laut dan menyedotnya. Musuh yang lain adalah kapal pukat. Soalnya jika menarik jaring, kapal ini tanpa sengaja bisa mengangkut 300 sampai 600 ekor babi laut.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *